Mulai Hari Ini, Pengunjung Dengan Sertifikat Vaksin Luar Negeri Boleh Masuk Mal

Mal Grand Indonesia yang terletak di Menteng, Jakarta Pusat, telah mengumumkan kembali pembukaan mal tersebut di akun sosial media resminya. Sejalan dengan itu, ia bilang bahwa untuk industri esensial berbasis ekspor pada minggu ini akan disusun SOP protokol kesehatan. Seluruh pengunjung dan pegawai wajib memindai kode QR saat masuk dan keluar lokasi agar dapat tercatat dengan baik. Sosialisasi dilakukan untuk mempersiapkan pihak pengelola mal jika kebijakan ini diresmikan nantinya.

“Kita harapkan nanti kebijakan vaksinasi atau percepatan vaksinasi bisa dilakukan, dan lebih banyak masyarakat yang punya akses dan kesempatan sama dengan yang lain”, tuturnya. “Yakin. Ini bakal jebluk antrian vaksinnya. Semoga aja dosis cukup,” tulis Dr. Tirta dikutip SeputarTangsel.com dari akun Instagram @dr.tirta pada Selasa, 10 Agustus 2021. Melalui unggahan di akun Instagram pribadinya, Dr. Tirta mengungkapkan bahwa dengan diberlakukannya syarat tersebut, antrian vaksin akan semakin membludak dan berharap dosis vaksin Covid-19 masih mencukupi. Namun ditekankannya, kebijakan itu harus diimbangi dengan ketersediaan vaksin, sehingga seluruh masyarakat mendapatkannya. Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti menuturkan vaksin Covid-19 Pfizer dibuat dengan platform mRNA memiliki efikasi 95 persen. Jokowi menyebut penurunan standing menjadi PPKM Level 3 berlaku untuk sejumlah wilayah di Jawa dan Bali, salah satunya DKI Jakarta.

“Aplikasi PeduliLindungi ini akan membantu proses pemantauan pergerakan pengunjung dan karyawan di pusat perbelanjaan,” jelasnya. Tempat makan, termasuk restoran, rumah makan, warteg, atau kafe yang sudah diizinkan untuk beroperasi selama PPKM Level 4. Selama PPKM Level 4 yang berlangsung Agustus 2021, PPKM memiliki kapasitas maksimal 25 persen.

Pengelola mal mewajibkan tak hanya pengunjung, namun juga karyawan untuk mendapatkan vaksin minimal dosis pertama bila hendak masuk. Untuk mengadaptasi aturan baru ini, mal-mal di DKI Jakarta mulai menyosialisasikan perlunya sertifikat vaksin sebagai syarat masuk bagi pengunjung. Pasalnya selama PPKM Level four diperpanjang Agustus 2021, masuk mal harus pakai sertifikat vaksin. Jakarta, CNBC Indonesia – Pemerintah sudah mengizinkan mal dan pusat perbelanjaan termasuk di wilayah DKI Jakarta untuk beroperasi kembali.

Selanjutnya, apabila program berlangsung tertib dan aman, kata Prof. Wiku tidak menutup kemungkinan jika ujicoba masuk mal wajib vaksin akan diperluas ke beberapa kota Indonesia. “Tapi harus cek kartu vaksin dari pemerintah, jadi ada semacam verify in -check out memastikan mereka sudah verify,” kata Elvira. Luhut menambahkan, Pemerintah akan melakukan uji coba pembukaan secara gradual untuk mal/pusat perbelanjaan di wilayah dengan level 4 dengan memperhatikan implementasi protokol kesehatan. Plaza Indonesia merupakan mal selanjutnya di Jakarta Pusat yang mewajibkan sertifikat vaksin bagi para pengunjungnya.

Baik karyawan maupun pengunjung salon harus sudah vaksin agar bisa melakukan perawatan rambut. Acara pernikahan, termasuk akad nikah yang diselenggarakan di lodge dan gedung pertemuan. Seluruh petugas dalam pelaksanaan pernikahan, keluarga, dan tamu undangan harus sudah vaksin. Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia Alphonzus Widjaja mengatakan angka okupansi mal masih kecil, meski pelonggaran dari aturan PPKM Level 4 juga disambut baik oleh pengusaha. Ganjar berharap, percepatan vaksinasi ini dapat segera dilakukan, sehingga semua orang mendapatkan kesempatan yang sama. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menilai, aturan tersebut tidak adil bagi masyarakat.

Badai Sitokin jadi sorotan publik ketika Deddy Corbuzier mengaku sempat mengalaminya. Ellen meminta petugas agar mencocokkan sertifikat yang ditunjukkan dengan paspor untuk WNA dan kartu Tanda Penduduk untuk Warga Negara Indonesia. Peraturan inipun sudah berlaku sejak 10 Agustus 2021 di semua titik akses masuk Senayan City.

Meski begitu, terdapat beberapa perubahan dari ketentuan sebelumnya, termasuk mengenai pembukaan mal. Namun tidak dijelaskan, kapan waktu efektif aturan sertifikat vaksin tersebut mulai berlaku. Penggunaan sertifikat vaksinasi Covid-19 ini dijadikan sebagai syarat berkegiatan di tempat publik ibu kota. Selain itu, pengunjung diperbolehkan makan di restoran dengan batasan pengunjung per meja maksimal 2 orang dan dibatasi waktu maksimal 30 menit. Menanggapi hal tersebut, juru bicara Satgas COVID-19, Prof Wiku Adisasmito menegaskan, mal dan pusat perbelanjaan akan ditutup kembali jika langkah tersebut terbukti tidak efektif.