Investasi Vs Menabung

Ini bisa menjadi trik tersembunyi agar anak mau menyisihkan uangnya. Maka itu, para orangtua bisa bermain tabung menabung bersama anak. Misalnya, Anda dan anak sedang bermain dengan peran penjual dan pembeli di pasar dengan uang palsu atau mainan. Ketika anak berperan sebagai pembeli, berikan kembalian uang pada anak.

Menabung

Tak hanya itu, kamu juga bisa menetapkan rencana menabung dengan baik. Sementara, uang kertas dalam bungkusan itu terdiri dari Rp1.000 sampai paling besar Rp10.000. Program ini juga didukung oleh Otoritas Jasa Keuangan dan Kementerian Pendidikan Budaya Riset dan Teknologi Republik Indonesia . Jika kamu merasa bosan dengan menabung dalam jumlah nominal yang sama, kamu bisa mensiasatinya dengan metode yang satu ini.

Sebagai orangtua, kita tentunya selalu menginginkan yang terbaik untuk si buah hati. Mempersiapkan masa depan anak, termasuk biaya kuliahnya kelak, bukan hal yang dapat disepelekan. Dengan selalu meningkatnya inflasi, biaya pendidikan anak di masa depan ini butuh perencanaan yang matang. Kegiatan belanja adalah salah satu pos pengeluaran terbesar di dalam pengelolaan keuangan. Karena itu, sangat penting untuk mengelola dan melakukan ini dengan cara yang cerdas.

Simpanan ini cocok sebagai investasi jangka pendek karena bisa memberikan imbal hasil tetap dan dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan . Menimbun barang yang tak terpakai karena memiliki nilai sejarah atau menganggapnya berguna suatu hari, bukanlah hal yang baik. Perilaku ini jelas bisa menyebabkan gangguan kesehatan dan sosial bagi diri sendiri maupun orang lain yang hidup bersamanya. Tips menabung berikutnya yang layak kita coba adalah dengan memiliki rekening terpisah, khusus untuk tabungan dan kegiatan sehari-hari. Ditambah lagi banyak pinjaman on-line dan fitur pay later yang bisa membuat kamu makin sulit menabung karena tergiur pinjaman cepat.

Sebab hal ini hanya akan membuat kegiatan menabung Anda menjadi sebuah beban. Lakukan perhitungan keuangan dengan baik, termasuk menentukan rasio tabungan yang bisa dilakukan di dalam pendapatan tetap bulanan yang Anda terima. Dengan tujuan nabung yang jelas, maka akan membantu Anda untuk tetap fokus dan selalu berupaya dengan sungguh-sungguh ke arah tersebut. Cara ini juga akan jauh lebih efektif dibandingkan dengan menabung tanpa tujuan ataupun keinginan yang kuat dari diri Anda sendiri. Nabung untuk membeli sebuah rumah tentu bukanlah perkara yang mudah untuk dilakukan. Karena itu, sangat penting untuk memiliki komitmen yang tinggi sejak awal.