Aturan Lengkap Ppkm Stage Four Di Jawa Dan Bali Hingga 23 Agustus 2021 Halaman All

Karena perkembangan kasus COVID-19 di Indonesia masih fluktuatif, pemerintah memutuskan untuk memperpanjang kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat stage 4 sampai dengan 9 Agustus. ‘Rakyat Tak Boleh Kelaparan’ Tetapi Berbeda Kondisi di Lapangan Sebanyak 94% responden dari hasil survei Trade Union Right Center dengan jaringan pekerja rumah di Indonesia, menyatakan belum mendapat bansos. Sebagian warga mulai membatasi kegiatan lalu-lintas dengan memasang spanduk dan menutup portal daerahnya.

PALEMBANG, iNews.id – Kota Palembang kembali masuk daftar daerah yang melakukan perpanjangan masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat level four. Tingginya mobilitas masyarakat setempat yang tidak diimbangi peningkatan kesadaran protokol kesehatan, menjadi pertimbangan. Sedangkan untuk tempat ibadah dapat mengadakan kegiatan peribadatan/keagamaan berjamaah dengan pengaturan kapasitas maksimal 25 persen atau maksimal 30 orang, namun lebih dioptimalkan pelaksanaan ibadah di rumah dengan memperhatikan pengaturan teknis dari Kementerian Agama.

PPKM Level 4

Dalam rencana tersebut Kota Palembang kembali masuk dalam daftar daerah berlakukan PPKM level empat. Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya mengatakan, pemerintah pusat berencana memperpanjang PPKM selama 15 hari terhitung mulai 24 Agustus sampai 6 September. Fasilitas olahraga di ruang terbuka diizinkan dibuka dengan jumlah orang 25 persen dari kapasitas maksimal. Pelaksanaan kegiatan konstruksi untuk infrastruktur publik beroperasi 100 persen dengan menerapkan protokol kesehatan secara lebih ketat. Adapun pasar tradisional, toko kelontong, dan pasar swalayan yang menjual kebutuhan sehari-hari, jam operasional dibatasi sampai pukul 20.00 waktu setempat dengan kapasitas pengunjung 50%.

Kepala RT dan RW setempat menghimbau warganya agar tetap di rumah, seperti himbauan PPKM oleh pemerintah. Pada level zero, wilayah memiliki kapasitas respons sistem kesehatan terhitung memadai dan tidak ditemukan kasus COVID-19 sama sekali. Kemudian, Dirlantas Polda Jambi Kombes Pol Heru Sutopo menambahkan, bahwa seluruh kendaraan yang akan melewati pintu masuk Kota Jambi akan dilakukan pemeriksaan dengan menunjukkan dokumen vaksin atau speedy antigen. Sementara itu, Karo Ops Kombes Pol Feri Handoko mengatakan bahwa Polri mendukung penuh Pemerintah Daerah dalam Menanggulangi penyebaran virus Covid-19 dan meminta kepada seluruh masyarakat untuk mematuhi PPKM level four di wilayah Kota Jambi.

Restoran/rumah makan, kafe di dalam pusat perbelanjaan/mal/pusat perdagangan dapat menerima makan di tempat dengan kapasitas maksimal 25 persen, satu meja maksimal dua orang, dan waktu makan maksimal 30 menit. Perubahan istilah ini pada dasarnya mengacu terhadap ketentuan World Health Organization . Organisasi Kesehatan Dunia itu menggunakan degree transmisi virus dan kapasitas respons sistem kesehatan. Penetapan degree wilayah ini berpedoman pada indikator penyesuaian upaya kesehatan masyarakat dan pembatasan sosial dalam penanggulanan pandemi Covid-19. Luhut menjelaskan, masih tingginya angka kematian akibat COVID-19 dikarenakan banyak masyarakat yang melakukan isolasi mandiri dan telat mendapatkan perawatan intensif di rumah sakit.

Sedangkan kegiatan belajar mengajar dilakukan secara daring, perkantoran sektor non-esensial menerapkan bekerja dari rumah alias work from home 100%, hingga penutupan fasilitas umum seperti taman, tempat wisata, dan area publik lainnya. Pelaksanaan kegiatan makan atau minum ditempat umum seperti warung makan/warteg, pedagang kaki lima, lapak jajanan dan sejenisnya diizinkan buka dengan protokol kesehatan ketat, memakai masker, mencuci tangan, handsanitizer, yang pengaturan teknisnya diatur oleh Pemerintah Daerah. Transportasi umum (kendaraan umum, angkutan masal, taksi dan kendaraan sewa/rental) diberlakukan dengan pengaturan kapasitas maksimal 50persen) dengan menerapkan protokol kesehatan secara lebih ketat. Warung makan/warteg, pedagang kaki lima, lapak jajanan, dan sejenisnya diizinkan buka dengan protokol kesehatan yang ketat sampai dengan pukul 20.00 waktu setempat dengan maksimal pengunjung makan di tempat 3 orang dan waktu makan maksimal 30 menit. Khusus untuk restoran yang hanya melayani pesan antar atau dibawa pulang, dapat beroperasi selama 24 jam.

Terbaru, ada perubahan daftar daerah PPKM Level three dan Level 4, sehingga harus Anda cermati untuk pertimbangan jika akan melakukan mobilitas selama periode ini. Dalam salinan instruksi Mendagri tersebut diketahui, sejumlah daerah di wilayah Jawa-Bali termasuk dalam degree 3 dan degree four. Penetapan stage PPKM ini didasari oleh indikator-indikator yang sudah ditetapkan Menteri Kesehatan. Selain wilayah Jawa-Bali, besok pemerintah juga akan mengumumkan evaluasi kebijakan PPKM luar Jawa-Bali periode 10 Agustus-23 Agustus. Iwan merupakan salah satu epidemiolog yang kerap dimintai masukan oleh pemerintah dalam penanganan Covid-19. Ia menyebut, pembahasan evaluasi PPKM akan dilakukan pemerintah pada esok hari.

Sedangkan bagi restoran/rumah makan, kafe dengan lokasi yang berada dalam gedung/toko tertutup baik yang berada pada lokasi tersendiri maupun yang berlokasi pada pusat perbelanjaan/mall hanya menerima delivery/take away dan tidak menerima makan di tempat (dine-in). Untuk daerah yang menerapkan PPKM Level four, pelaksanaan kegiatan belajar mengajar masih dilakukan secara on-line atau daring. Sementara, untuk kegiatan di sektor esensial, seperti keuangan, perbankan, pasar modal, teknologi informasi, perhotelan non penanganan karantina, dan industri orientasi ekspor dapat beroperasi dengan kapasitas maksimal 50%. Ia pun menegaskan kebijakan dalam penanganan pandemi COVID-19 di Tanah Air bertumpu kepada tiga pilar utama. Jokowi juga menekankan pemerintah juga akan terus menambah fasilitas isolasi terpusat, serta menjamin ketersediaan obat-obatan dan pasokan oksigen. Pelaksanaan kegiatan pada sektor esensial dapat beroperasi dengan kapasitas maksimal 50% .