Akan Lebih Murah Untuk Mulai Berinvestasi Saham

Makin banyak kepemilikan saham publik, maka makin likuid pula saham tersebut. Saham yang masuk ke dalam kategori Blue Chip biasanya juga telah sudah cukup lama lama terdaftar di Bursa Efek Indonesia, dengan jangka waktu minimal lima tahun. Setiap investor memiliki preferensi yang berbeda, termasuk saya. Untuk saham bertipe defensif, saya cenderung melihat progress EPS dan dividen yang diberikan. Pemberian dividen memang tidak selalu indikator positif, tapi logikanya jarang perusahaan besar membagikan dividen jika tidak yakin bisnisnya sedang di track bagus. Investor kawakan lebih demen nyari saham tidak terkenal dengan potensi profit tinggi dibandingkan saham blue chip.

Sisihkan uang dari investasi bulanan ini untuk membeli kepemilikan saham blue chip. Tidak semua investor individual berani bermain saham Blue Chip, namun ada cara meraih revenue untuk investor individual yang berani mengeluarkan modal besar serta menanggung risiko. Tentu saja dengan nilai pasar saham sebesar itu, isinya bukanlah perusahaan abal-abal. Melalui layanan saham Ajaib Sekuritas Asia, Investor Ajaib dapat mengakses informasi lengkap emiten, termasuk peringkat performa jika dibandingkan dengan kompetitornya di industri yang sama. Selain itu, Investor Ajaib juga dapat melihat analisis berdasarkan indikator teknikal, memantau perubahan harga, dan melihat sentimen pasar berdasarkan berita-berita terkini.

Walaupun tidak semua blue chip punya tren naik yang bagus, tapi cukup aman bisa masuk kedalamnya asal timing tepat. Tidak seperti saham blue chip, saham yang tidak dianggap blue chip sering diperdagangkan dengan harga yang mencerminkan potensi masa depan mereka dan bukan laba saldo aktual. Sebagai contoh, meskipun perusahaan investasi Goldman Sachs dianggap sebagai saham blue chip hari ini, butuh pukulan besar selama Resesi Hebat.

Usia financial institution ini lebih dari 100 tahun membuat perusahaan memiliki pengalaman panjang dan kemampuan manajemen kredit UMKM yang sangat mumpuni dan sulit dilawan kompetitor. Revenue atau pendapatan UNVR beberapa x lipat lebih besar dibandingkan aset perusahaan, yang menunjukkan efisiensi operasi perusahaan dalam menjalankan bisnis. Kedua, perusahaan dikelola dengan efisien dan prudent, tercermin dari Return on Assets paling tinggi diantara bank di kelasnya dan tingkat kredit macet rendah – terbaik di kelompok bank sekelasnya. Dalam dekade ini, tercatat gerak naik TLKM selalu stabil hingga meraih degree 90% revenue dari yang mulanya hanya 40% profit. Di bulan September 2020, UNVR menghasilkan keuntungan hingga Rp5,forty four triliun. Di tahun 2020, terjadi peningkatan sebesar zero,31% lebih banyak dari tahun 2019, yakni dari angka Rp32,36 triliun menjadi Rp32,46 triliun.

Membeli saham bluechip

Saham ini juga memiliki likuiditas tinggi karena peminatnya sangat banyak mulai dari tahun 2020 hingga tahun 2021. Sebagai salah satu yang masuk daftar saham blue chip terbaik, saham UNVR dikatakan hampir tidak mempunyai utang bank karena pendapatan perusahaan sangat besar dibandingkan dengan asetnya. Sejatinya, lamanya sebuah saham di bursa gak lantas menjadikan saham tersebut masuk daftar saham blue chip. Tapi kalau udah lama dan perusahaan tersebut mengalami peningkatan laba dan perkembangan yang signifikan, nah baru deh sahamnya bisa ditentukan bakal jadi “keping biru” atau gak.

Saham-saham ini dikenal memiliki kemampuan untuk bertahan dalam kondisi pasar yang sulit dan memberikan keuntungan yang tinggi dalam kondisi pasar yang baik. Saham-saham bagus dan terbaik ini sering juga disebut sebagai saham blue chip. Ingat, kinerja saham bagus adalah gabungan dari kinerja elementary yang bagus dan harga yang bagus untuk dibeli. Sebelum membeli saham, kita harus mengetahui apa tujuan kita sebenarnya untuk membeli saham.

Sebagai saham blue chip yang sudah memiliki reputasi tinggi di masyarakat, maka potensi kenaikan harganya juga menjadi terbatas. Ibarat kata, harga yang tinggi sudah dirasa cukup rasional dan akan sulit untuk meningkat lebih lagi. Saham-saham blue chip memiliki kapitalisasi besar, sehingga sedikit pergerakan dari saham tersebut akan berakibat pada indeks gabungan.