21 Juta Penduduk Indonesia Sudah Divaksin Covid

Sistem yang dibangun akan mendata penerima vaksin melalui filtering data individu penerima vaksin prioritas . Kemudian akan menjadi aplikasi pendaftaran vaksin pemerintah dan mandiri, dan memetakan provide dan distribusi vaksin dengan lokasi vaksinasi. Sistem yang akan diintegrasikan ini juga akan memonitor hasil pelaksanaan vaksinasi. Mengikuti penetapan tersebut, pada 6 Desember 2020, sejumlah 1,2 juta dosis vaksin Covid-19 dalam bentuk jadi buatan Sinovac telah tiba di Indonesia sebagai tahap awal. Pengadaan tersebut akan ditambah sebanyak 1,8 juta dosis vaksin dalam bentuk jadi yang akan dikirim pada Januari 2021. Selain itu, pemerintah juga akan mendatangkan bahan baku vaksin hingga Januari 2021 untuk memproduksi 45 juta dosis vaksin melalui Bio Farma.

“Kami ingin memastikan bahwa seluruh informasi yang disampaikan publik itu betul-betul akurat. Masyarakat diminta untuk bersabar dan selalu cermat dalam menerima informasi yang benar.” “Pemberitahuan aspek vaksinasi yang bersinggungan dengan masyarakat akan didiseminasikan secara transparan secara bertahap. Sehingga jika belum diumumkan secara gamblang oleh Pemerintah, maka hal tersebut masih dalam tahap rumusan,” tambahnya. “Bapak Presiden Joko Widodo menekankan bahwa vaksinasi COVID-19 adalahgame changer, yaitu langkah krusial untuk menentukan kesuksesan kita untuk keluar dari pandemi ini,” ujarnya. Konsekuensinya, dari sisi anggaran Presiden meminta Kementerian Keuangan memprioritaskan anggaran untuk menyiapkan vaksinasi sehingga tidak ada alasan bagi masyarakat untuk tidak mendapatkan vaksin. Di Asia Tenggara, pada waktu yang sama terdapat tiga negara yang terlibat kerangka COVAX dengan ikut memberikan dukungan dana, yakni Indonesia, Singapura, dan Thailand.

Selain itu, produk vaksin juga harus dijamin melalui evaluasi persyaratan mutu dan pemastian pembuatan vaksin sudah sesuai dengan cara pembuatan obat yang benar . Selain menetapkan jenis vaksin yang akan digunakan, pada 16 Desember 2020, Presiden Joko Widodo menyatakan bahwa vaksin Covid-19 akan diberikan secara gratis kepada masyarakat Indonesia. Untuk mendukung hal itu, Presiden meminta kabinet, lembaga, dan pemda untuk memprioritaskan anggaran vaksinasi untuk anggaran 2021.

Jika ditambah kedatangan pada hari ini, complete vaksin Sinovac dalam bentuk bulk yang sudah diterima sebanyak 144,7 juta. JAKARTA – Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan bahwa jumlah penduduk Indonesia yang sudah mendapatkan dosis vaksin Covid-19 secara lengkap sudah lebih dari 20 juta. Adapun, untuk bisa mencapai kekebalan kepompok, pemerintah menargetkan sebanyak 208,2 juta penduduk Indonesia disuntik vaksin Covid-19. Menurut Menko Perekonomian, Presiden Joko Widodo menekankan bahwa vaksinasi Covid-19 adalah langkah krusial untuk menentukan kesuksesan pemerintah untuk keluar dari pandemi ini, sehingga percepatan vaksinasi perlu dilakukan demi mencapai kekebalan komunal.

Untuk itu, pemerintah selalu memastikan keamanan, kualitas , dan khasiatuntuk seluruh jenis vaksin yang diperoleh. Vaksin tersebut sudah memperoleh izin penggunaan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan serta rekomendasi dari Indonesian Technical Advisory Group on Immunization , Organisasi Kesehatan Dunia , dan pihak terkait lainnya. Pemerintah terus berupaya memastikan ketersediaan vaksin virus Corona (COVID-19) untuk warga Indonesia. Dia juga memastikan bahwa distribusi vaksin hingga proses imunisasi nasional ini akan terus berjalan lancar. Vaksin dengan efikasi sebesar ninety persen belum tentu memiliki efektivitas 90 persen setelah diterapkan pada masyarakat luas. Dinas Kesehatan Provinsi selanjutnya mendistribusikan vaksin dan peralatan pendukung ke Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota.

Kedua, saat pasokan vaksin meningkat tetapi ketersediaan tetap terbatas, yakni berkisar antara persen dari complete populasi setiap negara. Ketiga, saat pasokan vaksin mencapai ketersediaan sedang, yakni berkisar antara 21–50 persen dari whole populasi setiap negara. Faktor pertama ialah penerima vaksin, seperti usia, komorbid , riwayat infeksi sebelumnya, serta jangka waktu sejak vaksinasi dilakukan. Faktor kedua adalah karakteristik dari vaksin tersebut, seperti jenis vaksin, lively atau inactivated , komposisi vaksin dan cara penyuntikannya.

Dalam keterangan persnya, Airlangga menyampaikan bahwa vaksinasi COVID-19 adalah sebuah langkah krusial untuk menentukan kesuksesan upaya bersama keluar dari pandemi COVID-19. Pemerintah berharap masyarakat tetap melaksanakan protokol kesehatan secara ketat. Pasalnya, vaksinasi tidak serta merta menjadi jaminan seseorang tidak akan terpapar Covid-19 tanpa disertai disiplin 3M dan 3T. “Vaksin yang masuk dan beredar di Indonesia telah teruji keamanan, khasiat, dan kehalalannya. Sehingga demikian, masyarakat jangan ragu apalagi sampai takut melakukan vaksinasi,” tegas Muhadjir. Wiku pun menginformasikan perkembangan tahap 3 uji klinis vaksin Sinovac yang dilakukan Bio Farma berkolaborasi dengan Universitas Padjadjaran.

Bagi negara-negara peserta, keikutsertaan dalam kerja sama COVAX menjadi jaminan untuk mengamankan ketersediaan vaksin bagi mereka. Negara-negara yang bergabung dengan fasilitas ini diberi kesempatan untuk membeli vaksin antara 20 hingga 50 persen dari jumlah populasi mereka. Uang urunan yang dikumpulkan dari tiap negara peserta akan dilihat sebagai gambaran permintaan vaksin bagi negara tersebut. Selanjutnya, menurut Jokowi, Indonesia akan kedatangan 290 juta bahan baku vaksin Covid-19, yang selanjutnya akan diproduksi PT Bio Farma menjadi vaksin.

Total terdapat one hundred sixty juta orang yang akan masuk dalam program vaksinasi nasional dengan kebutuhan 320 juta dosis vaksin. Dari tempat penyimpanan di tingkat kabupaten atau kota, vaksin, peralatan pendukung, serta logistik lain didistribusikan ke puskesmas, klinik, rumah sakit, atau pos pelayanan vaksinasi yang telah ditetapkan sebagai tempat pelayanan vaksinasi Covid-19. Distribusi dilakukan dengan menggunakan mobil boks atau mobil puskesmas keliling. Pada saat didistribusikan, vaksin ditempatkan pada chilly box atau vaccine carrier. Distribusi juga dapat menggunakan alat transportasi vaksin lainnya yang sesuai dengan jenis vaksin Covid-19.